Wednesday, March 9, 2016

LINTAS NGAWI

PROSPEK PASAR TEMBAKAU DI KABUPATEN NGAWI TAHUN 2015


KABUPATEN Ngawi merupakan salah satu penghasil tembakau yang cukup besar di Provinsi Jawa Timur yang tersebar di wilayah Kecamatan Karangjati, Bringin, Padas, Kasreman, Pangkur, Kwadungan, Paron dan Kedunggalar. Adapun jenis tanaman tembakau yang saat ini dikembangkan adalah tembakau RAM yang diminta PT Sadhana (perusahaan mitra petani tembakau Kabupaten Ngawi) dan tembakau Jawa (lokal).
Pada tahun 2015 harga tembakau RAM yang dihasilkan petani tembakau di Kabupaten Ngawi yang ditentukan PT Sadhana jatuh di bawah grade karena kualitas tembakau yang dihasilkan rata-rata kurang memenuhi standar, hanya sebagian kecil yang berkualitas bagus. Hal ini dijelaskan Ir Mujiono MMA, Kabid Budidaya Perkebunan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Ngawi.
“Sebenarnya pemberian pupuk pada tanaman tembakau dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) sudah mengacu pada rekomendasi, namun kualitas hasil panennya di tahun 2015 ini rata-rata kurang bagus. Untuk itu Dishutbun di tahun mendatang dalam upaya meningkatkan produksi dan kualitas tembakau sesuai dengan tuntutan mitra usaha PT Sadhana akan memberikan bimbingan teknik pertembakauan kepada para petani melalui kelompok tani tembakau yang ada di wilayah Kabupaten Ngawi,” tegasnya.

Sedangkan tembakau Jawa (lokal) yang dihasilkan petani di Kabupaten Ngawi dijual di pasar bebas, yaitu di Nganjuk, Kudus, Purwodadi dan sebagian besar ke Temanggung dalam bentuk daun basah karena nilai jualnya lebih tinggi daripada tembakau RAM. Untuk itu petani tembakau di Ngawi saat ini lebih memilih menanam tembakau Jawa (lokal). (F.968) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment