Sunday, March 20, 2016

UNTAIAN PERISTIWA

MOJOKERTO

Semangat Kepahlawanan Jadi Inspirasi Peringatan 10 November 2015

“Saat ini bangsa Indonesia masih menghadapi tantangan 
persatuan, keutuhan dan produktifitas bangsa
PERINGATAN Hari Pahlawan 10 Nopember 2015 yang dilaksanakan di halaman Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa pagi (10/11), untuk pertama kalinya dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati.
Dalam sambutannya, Pj Bupati Mojokerto, M Ardi Prasetyawan, mengatakan, peringatan Hari Pahlawan tahun ini kita fokuskan untuk membangun kesadaran dan ingatan kolektif seluruh bangsa Indonesia sebagai representasi pengakuan, penghormatan dan penghargaan dari nilai-nilai kejuangan untuk diimplementasikan dalam kehidupan bernegara pada waktu kini dan akan datang.
Lebih lanjut Pj Bupati Mojokerto, M. Ardi Prasetyawan, mengatakan bahwa tema Hari Pahlawan 2015 adalah “Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwa Ragaku”. Makna dari tema ini sendiri bertujuan untuk menginternalisasi jiwa semua anak bangsa agar mengamalkan nilai-nilai kepahlawanan dan patriotisme.
Peringatan tersebut dihadiri pula oleh Sekretaris Daerah, Heri Suwito, Forkopimda, SKPD, para veteran, dan seluruh jajaran pegawai Pemkab Mojokerto sebagai peserta upacara.
Masih dalam sambutannya, Pj Bupati Mojokerto mengungkapkan keprihatinannya atas konflik yang berpotensi merugikan. “Saat ini bangsa Indonesia masih menghadapi tantangan persatuan, keutuhan dan produktifitas bangsa. Mulai dari konflik intoleransi antarumat beragama, berkembangnya radikalisme, penyalahgunaan narkoba, kekerasan, KDRT, dan beberapa hal serius lainnya. Keadaan ini jauh dari apa yang dicita-citakan dan diperjuangkan oleh para pendiri bangsa yang telah mewariskan NKRI pada kita”.
Dalam upacara yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB tersebut Pj Bupati Mojokerto juga menyerahkan hadiah lomba kepada para pemenang Gerak Jalan Perjuangan Mojosari – Mojokerto (Joker) 17 km yang digelar beberapa hari lalu.  GJP Joker sendiri merupakan even Disporabudpar Kabupaten Mojokerto yang ditujukan untuk mengenang jasa para pahlawan dalam pertempuran melawan penjajah.

“Para pahlawan bersama-sama dengan masyarakat Indonesia bahu-membahu mempertahankan kemerdekaan. Pesan Bung Karno yang berbunyi ‘Bangsa yang besar adalah bangsa yang dapat menghormati jasa pahlawannya’ harus kita tanamkan secara menyeluruh dan kita implementasikan,” pesannya. (F.325) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment