Sunday, March 20, 2016

UNTAIAN PERISTIWA

LHOSEUMAWE

Wagub Aceh Buka Pameran Kota Lhokseumawe

“Dengan terpilihnya Kota Lhokseumawe sebagai Kawasan Ekonomi Circlus sama halnya dengan telah membuka Lhokseumawe menjadi kota yang lebih maju”
H Muzakir Manaf, Wakil Gubernur Aceh, Senin (2/11), membuka Pameran Pemerintah Kota Lhokseumawe Tahun 2015 di lapangan Punteut Blang Mangat Kota Lhokseumawe. Acara pembukaan pameran berlangsung semarak dengan diiringi berbagai sarana pendukung pembukaan, antara lain pembacaan narasi, penampilan drumband, Seudati Aceh dan lain sebagainya.
Pembukaan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, salawat badar, lagu Indonesia Raya, laporan Ketua Panitia, sambutan Walikota, sambutan Wakil Gubernur Aceh, dan pemukulan Rapa i Pasee.
Ketika Wagub Aceh beserta rombongan memasuki lapangan pembukaan pameran, disambut tari penjemputan tamu di bawah pimpinan Ibu Cut Yusnita. Drumband Pocut Meurah Insan turut serta menyemarakkan acara pembukaan. Group Seudati Aceh Syeh Yan Jeumpa dengan aneuk seudatinya Cek Li Purnama dan Cek Wod B, tampil dengan likok-likok yang menarik pandangan serta gelora langgam syair lagunya yang mengasyikkan.
Tari kolosal dari Group “Sanggar Meurah Insan” di bawah pimpinan Cut Ernita Suaidi Yahya (Ibu Walikota Lhokseumawe), tampil menari dengan berbagai gaya dan gerak langkah yang memukau para undangan dan rombongan Wagub Aceh. Group “Alei Tunjang” yang berperalatan tradisional lesung kayu dan alu pelepah aren, meliukkan dentuman irama lagunya dengan khas Aceh di bawah pimpinan Tgk Muhammad Isa dari Gampong Lhok Jok Kecamatan Kuta Makmur Buloh Blang Ara. Saking menariknya Alei Tunjang, Wakil Gubernur Aceh sampai ikut serta menumbukkan lesung Alei Tunjang memeriahkan pembukaan Pameran Kota Lhokseumawe 2015.
Pembukaan pameran diberkati dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Tgk Muhammad Ikhsan Nasution. Kemudian berlanjut dengan irama Qasidah dan Salawat Badar oleh Tgk Auliaulrahman, Tgk Amri dan Tgk Ikhsan serta Tgk Siddiq dari Group  “Asalam” Islamic Centre Kota Lhokseumawe. Kemudian Ibu Puspa Hati memimpin lagu kebangsaan Indonesia Raya.
H Dasni Yuzar SH, Sekda Kota Lhokseumawe, melaporkan kegiatan pameran bahwa jumlah stan yang ikut pameran mencapai 120 stan. Sedangkan dana pameran dari APBK Lhokseumawe. Stan pendidikan di bawah Disdikpora Kota Lhokseumawe merupakan yang terbanyak dan itu sesuai dengan tekad Pemerintah Kota Lhokseumawe untuk menjadikan pendidikan sebagai prioritas pembangunan masa depan menuju masyarakat sejahtera.
Suaidi Yahya, Walikota Lhokseumawe, melalui sambutannya mengatakan bahwa dirinya atas nama masyarakat Kota Lhokseumawe mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Wakil Gubernur Aceh dan rombongan yang telah berkenan hadir membuka Pameran Kota Lhokseumawe 2015. “Pameran Pemerintah Kota Lhokseumawe merupakan wahana pembangunan dan penyebaran informasi pembangunan,” sebut walikota.
Dengan pameran ini, walikota mengharapkan dampak positif yang strategis, guna untuk menarik investasi asing demi pembangunan Kota Lhokseumawe. 
Sedangkan H Muzakir Manaf, Wakil Gubernur Aceh, sebelum membuka pameran mengatakan, dengan terpilihnya Kota Lhokseumawe sebagai Kawasan Ekonomi Circlus yang telah berhasil membuka terobosan jalan trayek KKA tembus ke Bener Meriah sama halnya dengan telah membuka Lhokseumawe menjadi kota yang lebih maju dalam perhubungan antardaerah. Dan dengan terpilihjnya Arun sebagai Sentral Industri, niscaya membuat Lhokseumawe dan Aceh Utara akan termashyur dan ternama, serta Aceh akan maju dan makmur.
Di akhir sambutannya, Wakil Gubernur Aceh menyatakan membuka dengan resmi Pameran Pemerintah Kota Lhokseumawe 2015 sembari memukul Rapa i Pase (rebana) yang diikuti oleh Muspida Plus Kota Lhokseumawe secara bersama-sama. (F.434) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment