Monday, March 14, 2016

WATAMPONE RAYA

10 Desa Di Bulukumba Dapat Bantuan Rp 1,7 Miliar
SEBANYAK 10 desa di Kabupaten Bulukumba, Sulsel, mendapatkan bantuan penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) 2015 dengan total anggaran Rp 1,7 miliar.
Kepaia Bidang Perumahan Dinas Tata Ruang Perumahan dan Cipta Karya (DTRPCK) Kabupaten Bulukumba, Aslam Arief, mengatakan, pihaknya sedang melaksanakan Rencana Anggaran Biaya (RAB) ke-10 desa yang mendapatkan anggaran Pamsimas itu. “Sumber dana Pamsimas dari APBN,” katanya.
Desa yang mendapatkan bantuan antara lain Desa Posi Tanah dan Bonto Baji di Kecamatan Kajang, serta Desa Paku Balaho dan Bonto Marannu di Kecamatan Bontotiro. Menurutnya, jika pengelolaan Pamsimas bisa berjalan dengan balk, nantinya akan menjadi usaha milik desa yang akan menambah ekonomi masyarakat. “Saya kurang tahu teknisnya, silahkan tanya di Sekretariat Pamsimas atau di Bappeda,” tuturnya.
Kasubid Tata Ruang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Bappeda Kabupaten Bulukumba, A Eliz Indayani, mengatakan, persyaratan desa mendapatkan bantuan Pamsimas harus memiliki titik air, pengelolaan siap in-cash secara swadaya oleh masyarakat sebanyak 4 persen dan in-kind 16 persen. Kata dia, besaran in-cash berdasarkan kebutuhan, keadaan geografis serta calon pelanggan yang akan menikmati air bersih dari program Pamsimas.
Saat ini masih penyusunan Rencana Kerja Masyarakat (RKM) yang nantinya menemukan berapa besaran bugjet yang harus dikeluarkan oleh masyarakat sebagai dana pendamping. “Tapi, biasanya Rp 11 juta per desa,” jelasnya. (F.566) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment