Monday, March 14, 2016

WATAMPONE RAYA

Waspada, Pedofilia Sulit Dideteksi
KEKERASAN seksual terhadap anak bisa dilakukan oleh orang terdekat,
untuk itu orangtua perlu waspada. Apalagi sang pelaku biasanya mengidap gangguan kejiwaan. Kasus ini akrab dengan istilah pedofilia.
Seperti apa cirinya ? Psikiatri RSUD Prof DR H M Anwar Makkatutu Bantaeng, Dr Rinvil SPKJ, menjelaskan, pedofilia dalam dunia kedokteran digolongkan gangguan jiwa, tepatnya gangguan preferensi seksual. Pedofilia adalah sejenis kelainan psikologis. Penderitanya tertarik melakukan aktivitas
seksual dengan anak-anak, jadi bukan sekedar mengganggu anak-anak. “Pedofilia ini gangguan preferensi seksual, dia puasnya sama anak-anak,” ujarnya.
Lantas bagaimana mengenalinya di antara sekian juta penduduk ? Dokter Spesialis Anak dan Remaja ini menjelaskan, seseorang dengan pedofilia sulit dideteksi, tetapi ada beberapa kecenderungan yang berbeda dari yang lainnya.
Kecenderungan pertama adalah sosialisasinya lebih banyak dengan orang yang jauh berada di bawah usianya, ia tidak minder untuk bergaul dengan anak-anak.
Pedofilia biasanya tertutup sehingga di lingkungan dikenal pendiam. Lainnya adalah senang melihat yang berbau porno pada anak-anak, misalnya anak-anak yang telanjang.
Pedofilia, lanjutnya, banyak diderita pria pada usia produktif, namun biasanya terbentuknya sejak remaja dan telah memiliki kematangan seksual. Meskipun ada pada wanita juga namun hingga saat ini lebih banyak terlihat pada pria.
Psikolog Universitas Negeri Hasanuddin (UNHAS) Makassar, DR Asniar Khumas MSi, mengungkapkan hal lain yang membuat orang menggauli anak-anak, yaitu kecenderungan kepribadian yang tidak percaya diri sehingga penyaluran dorongan seksualnya kepada anak-anak. (F.566) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment