Sunday, April 10, 2016

LINTAS BATAM

Bintan Juara Keterbukaan Informasi Publik

Tahun 2015 Pemkab Bintan menekankan pada
pengelolaan informasi dan dokumentasi
PEMERINTAH Kabupaten Bintan meraih anugerah Badan Publik Terbaik 2015 dari Komisi Informasi (KI) Provinsi Kepri. Bintan berhasil unggul dari daerah lain di Kepri dengan nilai 91.
“Kabupaten Bintan berada di peringkat pertama dengan nilai 91 di atas Kota Batam yang meraih nilai 88. Urutan selanjutnya adalah Kabupaten Lingga, Anambas, Kota Tanjungpinang, Kabuparen Natuna dan Karimun,” ujar Ketua KI Provinsi Kepri, Arifuddin Jalil, di Hotel Pusat Informasi Haji (PIH) Batam, Selasa (22/12).
Sebelumnya Kota Batam yang selalu menduduki peringkat pertama. Namun tahun ini Batam digeser oleh Bintan. “Kita mengapresiasi Pemkab Bintan yang bisa meningkatkan peringkatnya di tahun ini. Penilaiannya ada tiga kategori yaitu mengumumkan, melayani dan menyediakan informasi,” katanya.
Penjabat (Pj) Bupati Bintan, Doli Boniara, mengatakan, tahun 2015 ini Pemkab Bintan menekankan pada pengelolaan informasi dan dokumentasi dengan penilaian yang lebih menyeluruh, baik secara online dan manual. Ketika diIakukan tahapan penilaian melalui website, verifikasi lanjutan dan visitasi, Kabupaten Bintan bisa memberikan semua informasi yang diminta oleh KIP Kepri. “Kita tentu saja sangat bersyukur bisa meraih anugerah ini,” katanya.
Kabag Humas dan Protokol Pemkab Bintan, Roni Kartika, menyatakan, keterbukaan informasi publik tidak bisa lagi dihindari mengingat teknologi informasi yang terus berkembang. Namun keterbukaan informasi publik yang diatur dalam UU No.14 Tahun 2008 menjadi rainbu-rambu bagi badan publik untuk Iebih memahami bahwa tidak bisa lagi menutup-nutupi informasi yang tidak termasuk dikecualikan.
“Saat ini, era keterbukaan informasi merupakan suatu kewajiban dalam rangka mewujudkan akuntabilitas dan transparansi serta mewujudkan good governance. Ini bukan kerja yang mudah karena keterbukaan informasi juga mencakup mental, sikap dan budaya yang memerlukan komitmen, konsistensi, koordinasi, kolaborasi dan komunikasi untuk mewujudkannya,” ujarnya.
Acara penganugerahan ini juga turut dihadiri para kepala daerah, Kanwil BPS Kepri, Kemenkumham Kepri, Kakanwil Kemenag Kepri, Bawaslu Kepri, KPU Kepri dan pejabat lainnya. (F.947) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment