Monday, April 11, 2016

SOLO RAYA

Pemkab Sukoharjo Peringati Hari Bela Negara

DALAM rangka meningkatkan penghayatan semangat juang dan cinta tanah air, Pemerintah Kabupaten Sukoharjo mengadakan Peringatan Hari Bela Negara yang ke-67 pada hari Senin (21/12) bertempat di halaman Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sukoharjo. Upacara yang diikuti oleh semua lapisan masyarakat baik dari anggota TNI/POLRI, KORPRI, PGRI dan oganisasi kemasyarakatan itu dilaksanakan dengan khidmad.
Dalam sambutan Presiden RI, Joko Widodo, yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, Pj Bupati Sukoharjo, Agus Santosa, disampaikan bahwa membela negara negara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan senjata, tapi dilakukan oleh setiap warga negara dengan kesadaran membela negara dengan upaya-upaya politik dan diplomasi. Karena saat ini Indonesia menghadapi dinamika konstelasi geopolitik ekonomi dunia yang berubah pasca perang dingin, gelombang perdagangan bebas, dan tekanan integrasi ekonomi regional yang semakin besar beberapa tahun ke depan.

Perlu diketahui Hari Peringatan Bela Negara ini diperingati setiap tanggal 19 Desember, mengacu pada peristiwa sejarah 67 tahun yang lalu saat Belanda melakukan Agresi Militer II tanggal 19 Desember 1948. Pada saat itu Presiden Soekarno memberi mandat kekuasaan kepada Mr Sjafruddin Prawiranegara di Sumatera  Barat untuk menjalankan pemerintahan guna mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Saat itu Belanda mengumumkan kepada dunia bahwa Indonesia sudah tidak ada lagi, namun Mr Sjafruddin Prawiranegara berjuang mempertahankan keutuhan NKRI dengan menyuarakan masih tegaknya NKRI. Guna mengenang peristiwa tersebut, maka melalui Keppres No. 28 Tahun 2006, setiap tanggal 19 Desember diperingati sebagai Hari Bela Negara. (Ist) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment