Sunday, April 10, 2016

WATAMPONE RAYA

Hasil Pertanian Sinjai Meningkat Saat Dilanda Kekeringan

PERENCANAAN pengembangan pertanian lewat upaya khusus gerakan peningkatan
program pengelolaan pertanian terpadu (GP-PTT) di Kabupaten Sinjai tampaknya mulai
menunjukkan hasil yang memuaskan. Meski sejauh ini dilanda kekeringan dan gagal panen ribuan hektar sawah, beberapa Kelompok Tani di Sinjai mampu menghasilkan produksi padi yang memuaskan. Salah satunya Kelompok Tani Kasuara III Desa Arabika, Kecamatan Sinjai Barat, yang tahun ini menghasilkan 11 ton padi per hektar.
Meskipun panen pertanian di Sinjai hingga November 2015 secara keseluruhan baru mencapai 86 persen atau 10.800 hektar dari 16.076 hektar sawah yang ada namun hal ini mengindikasian bahwa Sinjai berhasil mencapai target peningkatan produksi pertanian melalui panen raya padi hibrida di Desa Arabika, Kecamatan Sinjai Barat, Rabu (10/11).
Kadis Pertanian, Tanaman dan Holtikultura Kabupaten Sinjai, Ir Muh Jamil MP, menjelaskan bahwa perolehan hasil pertanian khususnya padi telah mencapai sekitar 131 ribu ton padi kering giling. Sedangkan hasil yang dicapai tahun 2014 sebesar 120 ribu ton. Artinya telah mengalami peningkatan sebesar 9,67 persen.
Jamil menambahkan, produktifitas hasil pertanian Sinjai juga naik sekitar 7,11 persen. Hal tersebut melampaui target peningkatan produksi panen 5 persen dari tahun sebelumnya. “Capaian produksi pertanian yang dihasilkan tersebut memungkinkan Sinjai akan mendapat penghargaan peningkatan produksi beras nasional atau P2BN dari presiden. Insya Allah sesuai aturan yang dulu era Presiden SBY bahwa kabupaten yang mencapai peningkatan produksi beras 5 persen dari tahun sebelumnya akan diberikan penghargaan di Istana Negara,” tutur Jamil sambil menambahkan bahwa dengan adanya penghargaan dari presiden tersebut tentunya akan menjadi motivasi bagi pemerintah daerah serta para petani untuk terus meningkatkan produktivitas pertaniannya di tahun-tahun mendatang.
“Mudah-mudahan saja tidak ada perubahan regulasi karena hal itu (penghargaan) juga penting untuk memotivasi pemerintah daerah dan petani,” harapnya. (F.566) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment