Sunday, May 22, 2016

ANEKA BERITA

Sengketa Lahan Di Bukit Sejahtera

SENGKETA lahan seluas 73 hektar milik Farida Binti Arsad (56), warga Sungai Lilin, Kecamatan Sungai Lilin, yang terletak di Desa Bukit Sejahtera, Kecamatan Batang Hari Leko, yang dulunya kebun karet sekarang diduga dikuasai oleh Ambar, Edi, Manan dan Tamrin, semuanya tinggal di Desa Bukit Sejahter.
Saat ini lahan seluas 73 hektar itu sudah ditanami sawit bahkan sudah produksi. Akibatnya, Farida merasa dirugikan milyaran rupiah. Melalui kuasanya, Azwan Holik, warga Desa Tanah Abang, Kecamatan Batang Hari Leko, Farida mengurus permasalahannya tersebut sejak tanggal 12 November 2015. Namun hingga kini belum ada penyelesaiannya alias masih mengambang. Bahkan Azwan sudah beberapa kali ke lapangan dengan beberapa petugas dari Kecamatan Batang Hari Leko, namun belum ada titik temu.
Kepala Desa Bukit Sejahtera, Bastari, tidak di tempat saat tim dari kecamatan datang ke lokasi beberapa waktu lalu. Menurut stafnya, kepala desa sedang tidak ada di tempat, padahal sehari sebelumnya sudah dijadwalkan tim akan dating. Namun sangat disayangkan pada waktu yang telah dijadwalkan itu Kades Bastari tidak ada ditempat, bahkan terkesan menghindar.
Kades Bastari melalui ponselnya mengatakan, kalau pihaknya sudah mengetahui hal itu, namun sejauh ini dia belum tahu persisnya lahan yang dipersengketakan itu. “Sebagai kepala desa tetap kita jembatani naum kita akan pelajari lagi sejauh mana batas-batas yang dimasalahkan tersebut,” katanya.

Sementara Camat Batang Hari Leko, Iswandi, mengatakan, soal sengketa itu sebenarnya dia baru mengetahuinya. Ia menyrankan agar semua pihak baik yang menguasai lahan maupun pemilik lahan harus didampingi oleh kepala desa untuk duduk bersama guna mengetahui kebenarannya. “Saya yakin dengan duduk bersama persoalan apa pun bisa dimusyawarahkan dan mudah-mudahan akan ketemu titik terangnya. Kita harus pakai terlebih dahulu adat yang biasa dipakai yaitu musyawarah,” ungkapnya. (F.972) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment