Sunday, May 22, 2016

UNTAIAN PERISTIWA

Bupati Aceh Utara Santuni 200 Anak Yatim

SUDAH menjadi kebiasaan setiap tahun perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di Kabupaten Aceh Utara dilaksanakan pada bulan Maulid Awal pada tanggal 12 Rabi’ul Awal. Begitu pula dengan kegiatan Maulid Akbar untuk Kabupaten Aceh Utara, di mana Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib, menggiatkan acara Maulid  di 3 masjid dalam sehari.
Pada hari Kamis 12 Rabi’ul Awal 1437 Hijriah, bertepatan dengan tanggal 24 Desember 2015, kegiatan Maulid pertama di Masjid Besar Bujang Salim Krueng Geu Kueh, kedua di Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon, dan ketiga di Masjid Besar Pasee Panton Labu Tanah Jambo Aye. Pada ketiga masjid tersebut acara Maulid diprakarsai oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, yang didukung oleh para Kepala Dinas, Kaban, Asisten, UPTD, Kepala Sekolah, Rumah Sakit, Puskesmas, Camat bersama dengan Muspika setempat dan bekerja sama dengan masing-masing Panitia dan Remaja Masjid.
Di Masjid Bujang Salim Krueng Geukueh, acara Maulid dipimpin oleh Sekdakab Aceh Utara, Drs Isa Anshari MM. Di Masjid Raya Pasee Panton Labu Tanah Jambo Aye dipimpin Wakil Bupati Aceh Utara, Drs H Muhammad Jamil MKes. Wagub Aceh, H Muzakir Manaf, turut menyemarakkan perayaan Maulid Akbar di Masjid Raya Pasee Panton Labu tersebut. Sedangkan Maulid di Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon dipimpin langsung oleh Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib, yang turut dihadiri oleh Muspida Plus Aceh Utara.
Bersamaan dengan merayakan Maulid Akbar di Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon, Bupati Aceh Utara memberikan makan serta menyantuni sekitar 200 anak yatim masing-masing Rp 200.000. Jumlah tamu yang menghadiri acara Maulid di Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon melimpah. Hidangan Maulid disesuaikan, mencapai 135 unit dulang berhiaskan peurakan, ditambah dengan nasi kotak yang cukup banyak.
Tgk H Amirullah, Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) yang juga Panitia Perayaan Maulid di Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon mengatakan, setiap tahun di Masjid Baiturrahim Lhoksukon sebulum berlangsungnya acara Maulid pada siang harinya setiap tanggal 12 Rabi’ul Awal lebih dulu diadakan Maulid Bakda Subuh, yang dimulai menjelang pagi seusai shalat Subuh setiap tahun. Seperti yang berlangsung tahun-tahun sebelumnya, maka seusai shalat Subuh pada 12 Rabi’ul Awal 1437 Hijriah, mengawali acara dengan tausiyah yang disampaikan oleh Tgk Safrizal dari Baktiya. Kemudian dilanjutkan dengan zikir bersama, pembacaan shalawat kepada Nabi Besar Muhammad SAW, lalu diakhiri dengan do’a. Setelah itu bersama-sama menikmati kenduri maulid kurang lebih pada pukul 07.00 WIB.
Tgk H Amirullah mengatakan, kegiatan Maulid Bakda Subuh di Masjid Agung Baiturrahim sudah berlangsung selama 7 tahun berturut-turut sampai sekarang.
Sedangkan Maulid Akbar siang harinya dipimpin oleh Bupati H Muhammad Thaib, dibarengi dakwah Islamiyah menyambut 12 Rabi’ul Awal, yang pendakwahnya adalah Ustazd Tgk H Imran Ismail, Imam Besar Masjid Bungkah.

Tgk H Imran Ismail meriwayatkan manfaat merayakan Maulid Nabi. “Pahala bersedekah sangat membantu para kaum muslimin dan muslimat di hari kemudian nanti. Karena itu kita semua dianjurkan untuk sebanyak-banyaknya bersedekah”. (F.434) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment