Monday, May 16, 2016

WATAMPONE RAYA

Nelayan Jeneponto Dapat Bantuan

SEJUMLAH nelayan di Kabupaten Jeneponto menerima bantuan sarana dan prasarana, seperti perahu jukung yang diberikan secara gratis oleh pemerintah daerah. Bantuan secara simbolis itu diberikan langsung oleh Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar, pada kelompok nelayan di Aula Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Jeneponto, Minggu (20/12).
Iksan Iskandar dalam sambutannya berharap bantuan tersebut dimanfaatkan
dengan baik oleh para kelompok nelayan. "Saya juga minta pada muspida untuk mengawasi seluruh bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah daerah itu. Pasalnya, biasanya sering disalahgunakan jika kurang pengawasan dari pemerintah,” katanya.
Ditambahkan, pihaknya tetap akan berusaha mengakomodir keinginan para
kelompok nelayan yang belum mendapat bantuan. Oleh karena itu bagi kelompok nelayan belum mendapat bantuan diminta bersabar.
Selain memberikan bantuan, Iksan Iskandar juga meresmikan Kantor UMKM
Inkubator Mina Bisnis Turatea. Adapun yang hadir pada acara pemberian bantuan itu antara lain Wakil Bupati Jeneponto, Mulyadi Mustamu, Sekdakab, Muhammad Sarif, Ketua PKK, Hj Hamsiah Iksan, Dandim 1425, Letkol Inf Rudy Sandry, dan beberapa undangan lainnya.
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jeneponto, Syamsul Rizal, mengatakan
bantuan tersebut berasal dari APBN, DAU dan DAK tahun 2015. "Bantuan ini terdiri dari perahu, keramba jaring apung, serta bantuan pendirian Sekretariat
UMKM Inkubator Mina Bisnis Turatea," katanya.
Dijelaskan, bantuan itu diberikan kepada kelompok nelayan masyarakat pesisir
baik kelompok usaha budidaya ikan maupun kelompok pengelola hasil perikanan di Kabupaten Jeneponto.
Ditambahkan, Turatea ini merupakan wadah para kelompok nelayan untuk
menjadi sarana informasi dalam mengelola hasil perikanan dan pengembangan hasil laut dan produk olahan kelautan dan perikanan.
"Wadah itu juga akan menjadi pengembangan sumber daya manusia di bidang
kelautan dan perikanan. Dengan melakukan pelatihan-pelatihan kepada keiompok tani," imbuhnya.
Sedangkan bantuan itu diberikan kepada Kelompok Nelayan Harapan Bahari

dan Kelompok Nelayan Laut Biru, Kecamatan Tamalatea. Bantuan Bubu diberikan kepada Kelompok Nelayan Sinar Laut, Kelompok Nelayan Pasir Putih, Kecamatan Bangkala. Untuk bantuan keramba jaring apung diberikan pada Kelompok Nelayan Cahaya Laut, Kecamatan Tamalatea. (F.566) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment