Saturday, July 30, 2016

LINTAS ACEH

DPRK Aceh Utara Tetapkan Anggota Panwaslu Pilkada 2017 Terpilih

Dari kiri : Sekdakab Aceh Utara, Drs Isa Anshari MM, bersama para pejabat teras lainnya.
DRS H Isa Anshari MM, Sekdakab Aceh Utara, atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Utara memberikan ucapan selamat kepada anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Aceh Utara untuk Pilkada 2017 yang telah terpilih  dalam seleksi dan pada hari Jumat (11/3) dilakukan penetapannya oleh DPRK Aceh Utara dalam Rapat Paripurna Ke-2 Masa Persidangan 1 DPRK Aceh Utara yang dipimpin Abdul Muthalib SSos (Thaliban), Wakil Ketua DPRK Aceh Utara.
Lima anggota Panwaslu Kabupaten Aceh Utara yang terpilih dan ditetapkan itu adalah Zulfikar SH, Muhammad Usman SPdI, Muhammad Nur Furqan SSos, Shadli SH dan Muryali SSos MAP.
Terpilihnya kelima anggota panwaslu ini tentu saja telah melalui rangkaian proses seleksi yang panjang dan ketat, dimulai dari seleksi berkas administrasi hingga tes tertulis yang selanjutnya dilakukan “fit and proper test” oleh Komisi A DPRK Aceh Utara. “Sehingga saudara-saudara yang terpilih ini merupakan orang-orang pilihan yang dinilai mampu menjalankan tugas pengawasan pada tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkada Tahun 2017 nanti,” kata Sekdakab Aceh Utara.
Kita semua menyadari bahwa Pilkada 2017 merupakan pesta demokrasi yang besar, di mana pada pilkada itu nantinya dilaksanakan secara serentak, secara nasional. Dan, khusus untuk Aceh adanya pemilihan Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/ Wakil Walikota. Hal ini juga merupakan suatu agenda yang besar dan menuntut perhatian semua pihak,” ungkap Isa Anshari.
Katanya lagi, melihat fenomena tersebut tentu saja dibutuhkan kesiapan lahir dan batin dari semua komponen terkait, terutama sekali institusi-institusi yang menangani langsung tahapan-tahapan pelaksanaan pilkada. Misalnya saja jajaran KIP dan Panwaslu.
Oleh karena itu, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa beban kerja dan tugas-tugas yang harus saudara-saudara jalankan akan semakin banyak dan beragam. Terlebih  lagi bagi saudara-saudara yang telah dipercaya sebagai Panwaslu yang merupakan ujung tombak pelaksanaan pilkada yang terjadi di daerah ini. Sebagai perpanjangan tangan Bawaslu, maka tugas dan tanggung jawab Panwaslu sangatlah menentukan sukses atau tidaknya pengawasan pilkada,” ungkap Isa Anshari.
Abdul Muthalib SSos (Thaliban), Wakil Ketua DPRK Aceh Utara.
Bupati Aceh Utara melalui sekda berpesan agar kalian bekerja dengan serius dan indepanden untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Aceh Utara. Selain itu bupati juga mengingatkan supaya saudara-saudara tidak terkontaminasi oleh kepentingan kelompok atau pribadi dalam menjalankan tugas sebagai pengawas pilkada nantinya. Hendaknya para anggota panwaslu dapat bekerja sebaik mungkin serta melaksanakan tugas sesuai aturan dan wewenang yang diberikan. Para anggota panwaslu yang ditetapkan pada hari ini harus mampu bersikap netral dan tidak bersikap diskriminasi terhadap peserta pilkada, yang akan bertarung dalam Pilkada 2017 nanti.
Isa Anshari kembali mengingatkan bahwa tugas adalah amanah dan kepercayaan yang harus diemban sebagai pengabdian. Kita harapkan tahapan-tahapan pilkada ini nanti tidak luput dari pengawasan panwaslu sehingga dapat berjalan dengan baik, tertip dan aman. Mengingat agenda pilkada selalu berkaitan dengan memanasnya suhu politik, baik di level nasional maupun daerah, maka kita semua berharap agar dengan adanya pengawasan yang baik, stabiltas politik dan keamanan di Aceh Utara pada khususnya dapat terus terjaga dan kondusif.

Isa Anshari atas nama Pemkab Aceh Utara tak lupa pula menyampaikan terima kasih kepada Panitia Seleksi dan Komisi A DPRK Aceh Utara yang telah bekerja keras melakukan penyaringan calon anggota panwaslu. Semoga kerja keras ini mendapat keridhaan Allah SWT, ujar Skdakab Aceh Utara mewakiili  Bupati H Muhammad Thaib. (F.434) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment