Wednesday, October 19, 2016

BALANGAN BUMI SANGGAM

Pemkab Balangan Berikan Beasiswa Bagi Pelajar Berprestasi

Bupati Balangan, Ansharuddin, menyerahkan beasiswa kepada siswa 
berprestasi tingkat SLTA didampingi orangtua siswa masing-masing.
PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Balangan melalui Dinas Pendidikan (Disdik) terus memantau perkembangan pendidikan di Bumi Sanggam. Selain merupakan faktor utama, hal tersebut juga merupakan salah satu program unggulan pemerintah setempat.
Pemkab Balangan menyadari bahwa keberhasilan pembangunan suatu wilayah ditentukan oleh sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan pendidikan merupakan salah satu cara meningkatkan kualitas SDM tersebut. Oleh karena itu peningkatan mutu pendidikan harus terus diupayakan, dimulai dengan membuka kesempatan seluas-luasnya kepada penduduk untuk mengenyam pendidikan, hingga pada peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pendidikan. 
Terkait ketersediaan sarana pendidikan berupa sekolah, di Kabupaten Balangan terjadi peningkatan. Untuk saat ini semuanya dirasa sudah merata, Pemkab dan Disdik Balangan pun akan terus melakukan pemantauan perkembangan ke depannya.
Pemerintah Kabupaten Balangan juga memprogramkan pemberian dana beasiswa ke perguruan tinggi selama empat tahun bagi putra dan putri "Bumi Sanggam" yang berprestasi.
Program tersebut merupakan bentuk dukungan Pemkab Balangan agar masyarakatnya terus mendapatkan ilmu pendidikan yang lebih tinggi, sehingga sumber daya manusia Balangan terus meningkat.
Pemberian dana beasiswa tidak hanya diberikan kepada siswa yang lulus SMA/MA/SMK/MAK dan ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, tapi juga kepada siswa SD/MI, SMP/MTs, juara lomba IPTEK, mahasiwa berprestasi akademik, siswa tidak mampu, mahasiswa jenjang pendidikan tinggi dan mahasiswa kedokteran.
Pemberian dana beasiswa bagi siswa berprestasi yang diberikan Pemkab Balangan itu sesuai dengan visi-misi pasangan Bupati H Ansharuddin dan Wabup H Syaifullah yaitu memberikan beasiswa kepada pelajar yang berprestasi. Hal tersebut terealisasi dengan keluarnya Rancangan Peraturan Bupati (Raperbup) Balangan tentang pedoman pemberian beasiswa.
Bupati Balangan, Ansharuddin, menyerahkan dana beasiswa 
kepada siswa berprestasi dari MAN 2 Paringin.
Bupati Ansharuddin secara langsung menyampaikan sosialisasi Raperbup kepada siswa terbaik 1, 2 dan 3 di masing-masing sekolah, didampingi oleh orangtua dan para guru se-Kabupaten Balangan di Aula Benteng Tundakan.
Diberikannya beasiswa ini, kata Ansharuddin, merupakan wujud implementasi visi-misi bersama wakilnya, yakni untuk memajukan sumber daya manusia untuk menciptakan Balangan Maju dan Mandiri.
Sedangkan untuk draf para penerima beasiswa disusun oleh Dinas Pendidikan dan dikeluarkan  Surat Keputusan (SK) melalui Peraturan Bupati (Perbup).
Beasiswa tidak hanya diberikan kepada siswa tapi juga diberikan kepada para pendidik dan tenaga kependidikan yang terpilih menjadi guru dan tenaga kependidikan berprestasi di Balangan.
Besaran dana yang diterima sesuai dengan Raperbup adalah siswa yang memperoleh peringkat 1, 2 dan 3 ujian nasional (UN) yakni untuk tingkat SD/MI sebesar Rp 1.000.000, tingkat SMP/MTs sebesar Rp 1.500.000,- dan untuk SMA/SMK/MA/MAK sebesar Rp 5.000.000,- per orang satu kali bayar.
Untuk mekanisme penyaluran, uang beasiswa akan disalurkan melalui rekening pribadi penerima beasiswa yang telah memenuhi persyaratan.
Bupati Balangan, Ansharuddin, berharap, bantuan dana beasiswa ini tepat sasaran dan dapat digunakan sesuai peruntukannya. “Saya harapkan bantuan beasiswa ini nanti tepat sasaran dan dipergunakan sebagaimana mestinya, karena tujuan kita untuk membangun Balangan dengan SDM yang profesional agar terwujud Balangan yang maju dan bisa bersaing dengan kabupaten lain,” imbuhnya.
Pada tahun pelajaran 2015/2016, Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Bupati H Ansharuddin telah memberikan dana beasiswa kuliah hingga lulus untuk 9 orang siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Paringin. Kesembilan siswa tersebut merupakan siswa berprestasi kelas XII yang sukses menjadi juara 1, 2 dan 3 dari masing-masing 3 kelas jurusan di MAN 2 Paringin pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2015/2016.
Bupati Ansharuddin mengatakan bahwa siswa berprestasi sudah semestinya mendapatkan apresiasi. Siswa yang mendapatkan dana beasiswa tersebut nantinya akan dikuliahkan baik keluar daerah maupun di Kalimantan Selatan dengan seluruh biayanya akan ditanggung oleh Pemkab Balangan selama 4 tahun dan diusahakan tiap siswa berbeda jurusan kuliah yang diambil. “Setelah lulus, mereka semua kita arahkan untuk kembali dan mengabdi di Banua Sanggam Balangan ini,” terangnya.
Bupati Ansharuddin lebih lanjut menyampaikan, pemberian beasiswa tersebut dalam rangka mewujudkan visi dan misi kepemimpinannya untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Bumi Sanggam Balangan. Selain untuk siswa madrasah, beasiswa tersebut juga berlaku untuk siswa sekolah umum lainnya di Balangan.

Bupati juga mengungkapkan, pada tahun ini ada 64 orang yang akan Pemkab Balangan berikan dana beasiswa, dan pemberian dana beasiswa ini akan terus berlanjut selama masa kepemimpinannya 5 tahun ke depan. (Tim) web majalah fakta / majalah fakta online / mdsnacks

No comments:

Post a Comment