Wednesday, October 19, 2016

BERITA NUSANTARA

Mahasiswa STTAL Ciptakan Drone Pesawat Pengintai Tanpa Awak

Dari hasil uji coba sebelumnya, pesawat Ganesa XI ini telah mempertontonkan 
keakuratan dalam membom target dan hasilnya cukup memuaskan.
SATU lagi karya anak bangsa yang patut dibanggakan tercipta dari tangan terampil mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Surabaya, yang berhasil membuat pesawat pengintai tanpa awak yang memiliki kemampuan melakukan pengeboman dengan akurasi yang cukup tinggi.
Pesawat pengintai tanpa awak ini buatan 2 orang mahasiswa STTAL Surabaya, Sertu Oscar Panji dan Serka Abdul Manaf.
Untuk membuat pesawat bomber tanpa awak yang diberi nama Ganesa XI ini membutuhkan waktu sekitar 3 bulan. Mulai dari pemilihan bahan kayu, sampai perakitan hingga pemasangan alat teknologi canggih di dalamnya. Dengan panjang body 2,6 meter dan lebar sayap 3,3 meter, pesawat pengintai ini menggunakan mesin bertenaga 50 cc. Sistem pengendalian pesawat tanpa awak ini menggunakan remote control, dengan terhubung pada ponsel berbasis android. Saat dilakukan uji coba, gerak pesawat terlihat cukup lincah dengan beberapa kali bermanuver di udara dengan kecepatan 100 kilometer per jam.
Meski terlihat seperti pesawat aeromodelling biasa, namun pesawat ini memiliki keunggulan yang lebih, seperti daya jelajah dan jangkauan yang cukup jauh sekitar 30 kilometer serta sangat efektif untuk melakukan pengintaian, karena dilengkapi dengan kamera satelit.
Selain itu, pesawat tanpa awak ini juga bisa menjatuhkan bom pada target yang diinginkan, dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi. Dari hasil uji coba sebelumnya, pesawat model cesna home made yang diberi nama Ganesa XI telah mempertontonkan keakuratan dalam membom target dan hasilnya cukup memuaskan.

Rencananya, pesawat pengintai bomber tanpa awak karya mahasiswa STTAL ini akan terus dikembangkan sebagai alutsista canggih karya anak negeri dengan menambah kemampuan daya jelajah yang lebih jauh, serta dilengkapi dengan persenjataan otomatis dan dilengkapi bom beserta roket untuk menghancurkan sasaran. (JakartaGreater) web majalah fakta / majalah fakta online / mdsnacks

No comments:

Post a Comment