Tuesday, October 18, 2016

LINTAS BERITA

Dana Kesehatan Rp 15 Milyar Perlu Diaudit

Bupati Sinjai, H Sabirin Yahya SSos.
PEMERHATI sosial dan hukum, Ahmad Marsuki, minta agar penegak hukum di Kabupaten Sinjai, Propinsi Sulsel, mengaudit penggunaan anggaran APBD terhadap jaminan kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS.
Sikap Pemkab Sinjai juga disayangkan karena dituding tidak dapat membuktikan atau menerapkan visi-misinya berupa jaminan gratis terhadap layanan kesehatan warga Sinjai.
"Penegak hukum Sinjai harus mengaudit kembali penggunaan anggaran jaminan kesehatan yang digelontorkan pemda Rp 15 milyar  bagi orang miskin. Dengan jumlah APBD Sinjai yang sebanyak itu diposkan untuk warga miskin 51 %. Kami tak percaya jika sebanyak itu warga Sinjai,” ujarnya.
Dikatakannya, jika data warga miskin itu tidak benar, hampir dipastikan ada penggunaan anggaran kesehatan yang tidak tepat. Jika data itu benar, Pemkab Sinjai dianggap gagal mensejahterakan rakyat sesuai visi-misi bupati.
Pemkab Sinjai diwakili Kabag Humas dan Protokol Setdakab, Muh Sabir Syur, menegaskan, sebelum ada statemen negatif terkait kinerja pemda sebaiknya dilakukan pendalaman lebih awal.
Menurutnya, Bupati Sinjai tetap melaksanakan janji politiknya. Semua tahu, ada UU BPJS. “Bupati telah melaksanakan program kesehatan yang betul-betul gratis tanpa membayar premi hanya dengan membawa KTP/KK. Sejak diberlakukannya UU BPJS, semua daerah wajib mengikuti UU itu. Tentu ini berpengaruh terhadap visi-misi bupati dalam melaksanakan kesehatan gratisnya," ujarnya.
Memang, lanjutnya, jumlah masyarakat yang BPJS-nya ditanggung APBN 78.675 jiwa, sedangkan yang ditanggung APBD Sinjai 52.052 jiwa atau lebih 50% dari jumlah penduduk Sinjai.
Semoga ada regulasi baru sehingga kesehatan gratis dapat dilaksanakan lagi sesuai visi-misi Bupati Sabirin Yahya. “Selanjutnya kalau ada warga miskin dan tidak mampu, silahkan laporkan ke kelurahan/desanya untuk diteruskan ke Dinas Sosnakertrans,” ungkapnya.

Sebelumnya, pihak BPJS menegaskan, tidak ada UU yang melarang Pemkab Sinjai menjalankan program kesehatan gratisnya. (F.998) web majalah fakta / majalah fakta online / mdsnacks

No comments:

Post a Comment