Friday, December 2, 2016

ADVETORIAL KOTA KEDIRI

SENIMAN MANCANEGARA TAMPIL DI SELOMANGLENG

“Reyog Panji Bersih Desa”
DINAS Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur, menggelar Pagelaran Lingga Kadewatan Mandala Giri Selomangleng. Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB di area wisata Gua Selomangleng, Kota Kediri. Pagelaran bertemakan ‘Reyog Panji Bersih Desa’ tersebut dipadati ratusan orang. Sebanyak 10 penampil dari Kota Kediri, luar Kota Kediri hingga luar negeri hadir.
Kepala Disbudparpora Kota Kediri, H Nur Muhyar.
Kepala Disbudparpora Kota Kediri, H Nur Muhyar, mengatakan, Pagelaran Lingga Kadewatan Mandala Giri Selomangleng ini mengundang seniman dari Kota Kediri, luar Kota Kediri, dan luarnegeri. Karena itu seniman dari Singapura hingga Bulgaria juga ikut tampil. Tujuannya untuk melestarikan budaya. “Melestarikan budaya adalah kewajiban dan tugas kita,” tandasnya.
Sekitar 10 tarian disuguhkan baik secara perorangan maupun kelompok. Meskipun memiliki alur yang berbeda, namun semuanya masih terkait dengan ‘Lingkup Panji’.
Salah satu tarian berjudul ‘Miranti Bumi’ dibawakan oleh Daryono Darmo Rejono dan Agus Gunawan dari Surakarta. Tarian tersebut menggambarkan mengenai kesuburan. Karena bumi itu selalu memberi. “Karya ini kami kaitkan dengan cerita Panji,” ujarDaryono. (ADV Disbudparpora Kota Kediri) web majalah fakta / majalah fakta online / mdsnacks

No comments:

Post a Comment