Tuesday, January 17, 2017

SOLO RAYA

TIGA MENTERI HADIRI PERESMIAN RSU UNS DI SUKOHARJO

Saat berlangsung peresmian RSU UNS di Pabelan,
Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, pada Rabu (10/8).
RUMAH Sakit Umum Universitas Negeri Sebelas Maret (RSU UNS) yang terletak di Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, telah resmi dibuka untuk umum pada Rabu (10/8). Peresmian rumah sakit pendidikan ini dihadiri tiga menteri Kabinet Kerja, yakni Menko PMK, Puan Maharani, Menristek Dikti, Mohamad Nasir, dan Menkes, Nila F Moeloek. Turut hadir pula Bupati Sukoharjo, H Wardoyo Wijaya SH MH, serta beberapa bupati lain juga turut menghadiri acara ini.
Dalam kesempatan itu,  Menko PMK, Puan Maharani, juga menyerahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada masyarakat Sukoharjo yang diterima secara simbolis oleh Dian (istri kuli bangunan), Dyah (janda) dan Ismi Rodayah (buruh).
"Pada hari ini kami akan memulai secara resmi pelayanan rumah sakit kepada masyaraat umum, sebagai rumah sakit tipe C, dan pada hari ini juga akan diserahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) oleh Menteri Kordinator PMK kepada yang berhak," kata Rektor UNS, Prof Ravik Karsidi.
Selain dapat melakukan pelayanan kesehatan secara umum, RSU UNS juga berfungsi sebagai rumah sakit pendidikan mahasiswa Fakultas Kedokteran UNS. Namun di rumah sakit ini hanya untuk studi mahasiswa Kedokteran Umum, sedangkan dokter spesialis masih menggunakan rumah sakit jaringan UNS.
Menurut Rektor UNS, secara keseluruhan RSU UNS sama dengan rumah sakit umum lainnya, dan melakukan pelayanan sama meskipun berpredikat Rumah Sakit Pendidikan. Diharapkan dengan adanya rumah sakit baru ini, dapat meningkatkan kualitas lulusan Fakultas Kedokteran ke depannya dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat pada umumnya.
"Ini adalah salah satu dari 17 rumah sakit pendidikan yang ada di Indonesia sebagai percontohan. Dan saya berharap ini bisa menjadi percontohan di Jawa Tengah dan bermanfaat bagi masyarakat Solo, Sukoharjo, Boyolali dan sekitarnya," tandas Menko PMK, Puan Maharani. (Ist) web majalah fakta / majalah fakta online / mdsnacks

No comments:

Post a Comment