Friday, February 10, 2017

SURABAYA RAYA

Anggap Surabaya Jadi Model Pelayanan Publik,
PT Taspen Hibahkan Mobil Ambulan

Saat berlangsung serah terima mobil ambulan dari PT Taspen 
kepada Walikota Surabaya.
UPAYA Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memberikan kemudahan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat kurang mampu via penyediaan mobil ambulan keliling, akan semakin optimal. Optimalisasi pelayanan itu didukung oleh semakin banyaknya jumlah mobil ambulan yang dimiliki pemkot.
Pemkot Surabaya mendapatkan bantuan satu unit mobil ambulan dari PT Taspen (Persero), Jumat (16/9). Seremoni penyerahan mobil ambulan tersebut dilakukan Direktur Utama (Dirut) PT Taspen, Iqbal Latanro, kepada Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, di halaman Taman Surya. 
Hadir dalam seremoni serah terima mobil ambulan tersebut, Sekretaris Kota Surabaya, Hendro Gunawan, Asisten IV Sekkota (bidang kesejahteraan rakyat), Eko Hariyanto, dan beberapa SKPD terkait seperti Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya, Supomo, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Febria Rachmanita, serta jajaran direksi PT Taspen. 
Dalam sambutannya, Iqbal Lantaro mengatakan, penyerahan mobil ambulan kepada Pemkot Surabaya ini merupakan realisasi dari program Bina Lingkungan yang dioptimalkan PT Taspen. Menurutnya, melalui program Bina Lingkungan, PT Taspen ingin berperan serta dalam memberi manfaat kepada masyarakat.
“Kenapa Surabaya ? Karena Surabaya ini dapat kita jadikan rule model sistem layanan pada masyarakat. Kami tahu dalam pelayanan masyarakat, banyak yang dibutuhkan. Mungkin bantuan ini sedikit, tetapi mudah-mudahan bermanfaat. Semoga layanan kepada masyarakat dapat semakin kita tingkatkan,” ujar Lantaro.
Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, menyampaikan terima kasih kepada PT Taspen atas penyerahan satu mobil ambulan tersebut kepada Pemkot Surabaya. Menurutnya, warga Kota Surabaya akan menyambut positif. Apalagi, tahun depan, pemkot tidak menganggarkan untuk membeli kendaraan. “Tahun depan kami fokus pada pelayanan masyarakat. Karenanya, Alhamdulillah kami dapat hibah ambulan ini. Warga Surabaya pasti akan senang,” ujar walikota.
Disampaikan walikota, selama ini Pemkot Surabaya telah melakukan berbagai upaya untuk memberikan pelayanan optimal di bidang kesehatan kepada masyarakat kurang mampu di Kota Pahlawan. Salah satunya melalui penyedian mobil ambulan dan mobil jenazah keliling selama 24 jam. Warga bisa mengontak nomor call center 5465777.
Bahkan, sambung walikota, yang dilayani bukan hanya warga Surabaya. Tetapi juga warga luar kota yang berada di Surabaya. Walikota mencontohkan pernah ada warga luar kota yang mendadak tergeletak di sentra PKL. “Banyak sekali kami tolong warga dari luar kota. Bila seperti itu, kami rawat dulu di rumah sakit,” sambung walikota yang semasa kuliah hobi naik gunung ini.
Sementara Kepala Dinas Sosial, Supomo, menambahkan, hibah mobil ambulan dari PT Taspen ini akan membuat layanan kepada masyarkat bisa lebih optimal. “Karena ada tambahan unit (ambulan). Ini ada enam dari pengadaan pemkot. Alhamdulillah bisa kami optimalkan,” ujarnya.
Supomo menyadari, agar warga kurang mampu di Surabaya mengetahui dan memaksimalkan fasilitas mobil ambulan ini, pihaknya harus rajin melakukan sosialisasi. Utamanya memberitahukan nomor yang bisa dikontak bila warga membutuhkan layanan mobil ambulan keliling ini. Karenanya, selain gencar melakukan sosialisasi melalui perangkat di kecamatan dan kelurahan, Dinsos juga menyampaikan “woro-woro” via media massa. Sosialisasi yang dilakukan Dinsos Kota Surabaya sudah terlihat hasilnya. Masyarakat sudah paham ketika akan menggunakan ambulan keliling ini. Buktinya  mobil ambulan keliling ini sudah dimaksimalkan oleh masrakat Kota Surabaya.

“Sekarang banyak (masyarakat yang mengoptimalkan ambulan keliling). Per hari bisa sampai 10 (telepon dari warga),” sambung mantan Camat Kenjeran ini. (Rilis) web majalah fakta / majalah fakta online / mdsnacks

No comments:

Post a Comment