Sunday, April 2, 2017

ADVETORIAL KOTA KEDIRI

BIDANG PERTAMANAN, PEMAKAMAN DAN PJU KOTA KEDIRI 
SIAP JEMPUT BOLA MENGHADAPI MUSIM HUJAN

MENGHADAPI datangnya musim penghujan, Bidang Pertamanan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur, melakukan pemotongan sejumlah dahan pohon di sejumlah ruas jalan kota, seperti di Jl Mayjend Sungkono, Joyoboyo, Hayam Wuruk dan sejumlah ruas jalan yang lain.
Pantauan FAKTA di lapangan, beberapa dahan pohon di pinggir jalan yang dirasa mulai membahayakan pengguna jalan, menutupi lampu penerangan jalan umum dan rambu-rambu lalu lintas dilakukan pemangkasan. Tak hanya itu, ranting yang mengganggu kabel listrik dan telepon pun dipotong oleh petugas.
Respon positif ditujukkan oleh warga kota dengan meminta memotong beberapa ranting yang menjulang ke atap rumah. Warga juga menyampaikan beberapa kali hujan deras disertai angin, pohon-pohon yang menjulang berpotensi membahayakan pengguna jalan.
Apalagi saat ini angin berhembus cukup kencang sehingga warga sempat khawatir jika pohon yang berusia tua roboh dan menimpa pengguna jalan. Pemilik rumah yang di bawah pohon juga khawatir. Untuk itu pemotongan atau pemangkasan ranting pohon ini sangat tepat dilakukan untuk menghindari jatuhnya korban.
Petugas DKP Kota Kediri saat melakukan pemotongan pohon.
Kasi Pertamanan DKP Kota Kediri, Sunarko, kepada Achmad Faried dari FAKTA mengatakan, jumlah pohon di wilayah kota saja lebih dari 20.000 pohon dari berbagai jenis. Dari jumlah itu sekitar 2% di antaranya rawan patah khususnya ranting-ranting yang disebabkan oleh sejumlah faktor. Antara lain usia tua, angin dan hujan. Untuk itu pihaknya melakukan pemangkasan pohon di sejumlah ruas jalan.
Sunarko juga menerangkan, pemangkasan yang dilakukan ini selain sebagai persiapan memasuki musim penghujan dan angin yang bertiup cukup kencang akhir-akhir ini, juga merupakan tugas rutin DKP untuk selalu memantau dan memelihara keberadaan pohon lindung di seluruh wilayah Kota Kediri. (ADV DKP)

No comments:

Post a Comment